Pentingnya Prebiotik Bagi Tubuh Kita

prebiotikSebenarnya seberapa besar pentingnya prebiotik/inulin bagi tubuh kita? Kemudian apa yang akan terjadi apabila prebiotik/inulin tidak terpenuhi di dalam tubuh kita?

Prebiotik merupakan sebuah nutrisi yang cocok bagi bakteri baik yang ada di dalam tubuh, termasuk juga bakteri probiotik.

Prebiotik ini akan membantu perkembangan dari bakteri baik tersebut. Sehingga yang terjadi kemudian adalah jumlah bakteri baik yang ada di dalam sistem pencernaan akan semakin bertambah.

Maka dari itu kombinasi antara probiotik dan prebiotik akan meningkatkan kesehatan tubuh yang dinamakan dengan sinbiotik.

Pentingnya Prebiotik Bagi Tubuh Kita

Perlu Anda ketahui bahwasanya jumlah konsumsi makanan sumber dari prebiotik tidaklah ada batasan usia.

Apalagi kelebihan konsumsi jenis makanan sumber dari prebiotik ini tidak akan membawa efek negatif bagi kesehatan.

Bisa dikatakan bahwa diet sehat dengan bakteri yang baik merupakan kombinasi yang tepat untuk menjaga fungsi pencernaan.

Selain itu juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan mikroba beracun yang bisa mengganggu sistem pencernaan.

Dikarenakan begitu pentingnya prebiotik untuk tubuh kita maka Anda dianjurkan untuk lebih sering lagi mengkonsumsi makanan sumber prebiotik ini.

Lantas seberapa pentingnya prebiotik untuk sistem pencernaan?

Di atas sedikit sudah disinggung bahwasanya prebiotik ini dapat membantu pertumbuhan dari bakteri baik yang ada di dalam usus.

Selanjutnya di dalam usus ini, prebiotik memiliki kemampuan untuk meningkatkan aktivitas metabolisme sehingga dapat membantu Anda saat menurunkan berat badan serta menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Saat ini sudah banyak sekali beberapa jenis olahan makanan yang ditambahkan dengan prebiotik ini. Akan tetapi sumber prebiotik secara alami memiliki manfaat yang lebih baik apabila dibandingkan dengan prebiotik yang terdapat pada makanan olahan tersebut.

Dengan ini bisa disumpulkan bahwa pentingnya prebiotik untuk kesehatan tubuh juga dapat dijadikan sebagai makanan penurun berat badan.

Sumber Terbesar dari Prebiotik

Jenis makanan apa saja yang kaya akan prebiotik ini?

Prebiotik secara alami bisa Anda temukan dari buah-buahan, sayur-sayuran, dan buji-bijian. Selain itu produk olahan dari kedelai seperti halnya tempe, taoco, dan tahu merupakan sumber makanan yang kaya akan prebiotik.

Prebiotik ini bisa dengan mudah Anda temukan pada beberapa jenis sayuran dengan ciri khas seperti berikut ini:

  1. Sayuran Berwarna Hijau


Jenis sayuran yang kaya akan prebiotik umumnya didominasi sayuran yang berwarna hijau. Contohnya saja seperti asparagus dan brokoli.

Selain kaya akan prebiotik, sayuran ini di dalamnya juga banyak mengandung vitamin. Sayuran jenis ini juga kaya akan zat besi, asam folat, kalium, sehingga membuat sayuran seperti ini menjadi pilihan terbaik untuk memulai hidup sehat.

  1. Sayuran yang Berdaun Hijau


Jenis sayur-sayuran yang berdaun hijau seperti halnya kangkung, sawi, dan bayam mengandung banyak sekali nutrisi prebiotik.

  1. Bawang Merah dan Putih


Bawang merah dan putih merupakan kontributor teratas untuk pertumbuhan bakteri baik yang ada di dalam usus.

Selain itu bawang putih juga sangat berguna untuk menurunkan tekanan darah, mencegah penyakit jantung, dan mengurangi risiko stroke.

Tidak hanya sampai disitu saja, bawang putih juga kaya akan vitamin C yang memiliki kemampuan bisa mengurangi resiko dari kanker usus besar. Bahkan bawang putih ini juga memiliki efek penyembuhan yang lebih mirip dengan antibiotik.

  1. Sayuran yang Berwarna


Wortel dan labu merupakan jenis sayuran berwarna yang dapat membantu untuk menambahkan asupan prebiotik. Apalagi wortel di dalamnya juga terkandung antioksidan dan betakarotin yang memilik manfaat dapat mengurangi berbagai macam jenis kanker dan sangat bagus untuk kesehatan mata juga. Selain merupakan sumber prebiotik, labu juga kaya akan kalsium, asam folat, dan vitamin.

Dengan begitu pentingnya prebiotik bagi tubuh maka mulai sekarang sering-seringlah mengkonsumsi sumber makanan yang kaya akan prebiotik ini.

Pentingnya Inulin Bagi Tubuh Kita

Apa itu inulin? Apa manfaat inulin untuk tubuh? Apa hubungan antara inulin dengan prebiotik? Apa jenis makanan yang banyak mengandung inulin ini?

Inulin merupakan salah satu jenis dari karbohidrat yang mengandung serat. Inulin ini tergolong sebagai prebiotik.

Inulin ini bisa Anda temukan pada buah-buahan dan sayur-sayuran. Contohnya saja seperti pisang, bawang merah dan putih, gandum, dan lain sebagainya.

Inulin ini juga dikenal sebagai jenis karbohidrat fruktosa yang sering disebut juga dengan gula darah.

Di era modern seperti sekarang ini, inulin ini banyak sekali dimanfaatkan dalam kandungan nutrisi, contohnya seperti susu atau es krim.

Seperti halnya prebiotik yang lain, inulin ini tidak bisa dicerna serta diserap di dalam usus halus, sehingga pada saat sampai di usus besar, inulin ini berfungsi sebagai makanan dari bakteri sehingga dapat meningkatkan jumlah dari bakteri baik dan juga dapat menjaga keseimbangan bakteri baik yang terdapat di dalam usus besar tersebut.

Bakteri baik inilah yang selanjutnya akan membuat kotoran menjadi lebih lunak, sehingga Anda akan terhindar dari konstipasi atau sembelit.

Selain memiliki sifat bifidogenik, yaitu kemampuan menjaga pertumbuhan bakteri baik bifidobacterium yang terdapat di usus besar yang berperan penting untuk menjaga kesehatan saluran cerna, manfaat inulin bagi tubuh lainnya adalah:

  1. Memiliki kemampuan untuk menekan bakteri jahat (bakteri patogen) di dalam usus

  2. Memiliki kemampuan untuk mencegah sembelit atau konstipasi

  3. Dapat merangsang sistem daya tahan tubuh

  4. Memiliki kemampuan untuk membantu penyerapan kalsium

  5. Memiliki kemampuan untuk membantu mengatur metabolisme karbohidrat

  6. Memiliki kemampuan untuk membantu mengatur metabolisme lemak jahat

  7. Memiliki kemampuan untuk mengurangi resiko terkena kanker usus.


Pentingnya inulin dalam sistem pencernaan ini bahkan juga telah diteliti oleh Klessen dkk di tahun 1997 dan oleh Kaur dan Gupta di tahun 2002.

Sedangkan kesimpulan dari penelitian tersebut adalah inulin dapat menjaga bakteri baik bifidobacteria sekaligus juga dapat menghambat pertumbuhan dari bakteri jahat.

Inulin juga mampu mengubah komposisi dari kolonisasi di dalam saluran cerna, dapat menempel di dinding saluran cerna, sehingga inulin dapat melunakkan kotoran dan memiliki efek langsung bisa mengurangi gangguan di dalam saluran cerna tersebut.

Inulin juga mampu mencegah sembelit atau konstipasi. Inulin juga dapat memperbaiki kebiasaan buang air besar sehingga lebih teratur serta dapat merangsang sitem pertahanan tubuh.

Inulin juga memiliki kemampuan untuk memperbaiki penyerapan di usus halus dan besar serta dapat menurunkan keasamannya, sehingga akan meningkatkan konsentrasi dari mineral, termasuk juga kalsium, zink (seng), dan zat besi di dalam tubuh.

Inulin juga memiliki kemampuan dapat meningkatkan penyerapan kalsium, dapat memperbaiki kepadatan mineral di dalam tulang dan dapat mencegah terjadinya osteoporosis pada masa mendatang.

Dengan melihat ulasan di atas, pentingnya prebiotik/inulin bagi tubuh kita yang terbesar adalah berhubungan dengan sistem perncernaan kita.

 

0 komentar:

Posting Komentar